Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 05-2]
بسم الله الرحمن الرحيم
قال المؤلف رحمه الله تعالى نفع الله به وبعلومه فى الدارين امين :
وَمَذْهَبُ المَالِكِيَّۃِ : اَنّهُ لَا خِلَافَ فِی وُصُولِ ثَوابِ الصَّدَقَۃِ اِلٰی الميتِ وَاخْتُلِفَ فِی جَوَازِ القِرَاءَۃِ لِلْمَيِّتِ. فَاَصْلُ المَذْهَبِ كَرَاهَتُهَا.
Dan menurut madzhab Maliki: "Sesungguhnya dalam masalah sampainya pahala sedekah pada mayit, itu tidak ada perbedaan pendapat.
Akan tetapi dalam masalah sampainya pahala bacaan pada mayit, diperselisihkan kebolehannya.
Mrnurut mufakat madzhab maliki, itu makruh hukumnya bila mengirimkan pahala bacaan pada mayit.
وَذَهَبَ المُتَأَخِّرُونَ اِلٰی جَوَازِهَا وهُوَ الَّذِی جَرٰی عَلَيهِ العَمَلُ فَيَصِلُ ثَوَابُهَا اِلٰی الميتِ
Sementara dari kalangan para ulama akhir dari madzhab maliki, mufakat memperbolehkannya mengirim pahala bacaan pada mayit. Karena yang demikian itu berlaku pada mengirimkan pahala yang berbentuk amal. (diqiyaskan pada sampainya pahala amal perbuatan pada mayit, seperti ibadah haji misalnya, yang mana pahala amal ini akan sampai pada mayit), maka pahala bacaan pun juga sampai kepada mayit
وَنَقَلَ ابنُ فَرَحُونَ اَنَّهُ الرَّاجِحُ
Dan ibnu Farohuun menuqilkan, bahwa pendapat di perbolehkannya mengirim pahala bacaan, ini pendapat yang rojih/ kuat.
والله أعلم بالصواب
Posting Komentar untuk "Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 05-2]"