Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngaji Kitab Hujjah Ahlissunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak (Rois Am PBNU 1981/1984) - [Sesi: 07-1]

*Ngaji Kitab Hujjah Ahlissunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak (Rois Am PBNU 1981/1984) - [Sesi: 07-e]*

بسم الله الرحمن الرحيم 
قال المؤلف رحمه الله تعالى نفع الله به وبعلومه فى الدارين امين :

*PERSOALAN KE: 2*
*"TENTANG SHOLAT SUNAH QOBLIYAH JUM'AH"*

•◈【 المِثَالُ الثَّانِی : هَلْ لِصَلَاۃِ الجُمُعَۃِ سُنَّۃٌ قَبْلِيَّۃٌ اَوْلَا؟ 】◈•

  Persoaalan kedua yaitu, membahas masalah: "Apakah dalam sholat jum'ah ada sunnah qobliyyah, atau tidak?"

وهٰذَا اَيضًا مِنَ المَسَاءِلِ الفَرْعِيَّۃِ الاِجْتِهَادِيَّۃِ الَّتِی لا ينبَغِی تَبَادُلُ الاِنْكَارِ فِيهَا

  Dan masalah ini juga termasuk hukum furu'iyyah yang merupakan ijtihad dari para ulama, yang seyogyanya tidaklah boleh di ingkari. (tidaklah boleh di katakan bid'ah!).

اَمَّا الشَّافِعِيَّۃُ فقالُوا : نَعَمْ لِلْجُمْعَۃِ سُنَّۃٌ قَبْلِيَّۃٌ كَالظُّهْرِ لِحَدِيثٍ فِيهَا.

  Adapun ulama madzhab Syafi'i, mereka mengatakan: "Benar memang, bahwa dalam sholat jum'ah itu ada sunnah qobliyyahnya, sebagaimana sholat dzuhur. Karena ada hadits yang menyatakan tentang itu.

زِيَادَۃٌ مِنَ الفَقِيرِ : وَلِخَبَرِ  مُسْلِمٍ اِذَا صَلّٰی اَحَدُكُمُ الجُمْعَۃُ فَلْيُصَلِّ قَبْلَهَا اَرْبَعًا وَبَعدَهَا اَرْبَعًا.

Ziyadah dari alfaqiir, yakni Penyusun:

  Berdasar pada hadits dari imam Muslim: Rosululloh Saw, bersabda: "Ketika seseorang dari kalian sholat jum'ah maka sholatlah qobliyyah 4 rokaat dan ba'diyyah 4 rokaat."

وَلِخَبَرِ التِّرْمِذِی اَنَّ ابنَ مَسعودِ كَان يُصَلِّی قَبلَ الجُمعَۃِ اربعًا وبعدها اربعًا والظَّاهِرُ اَنَّهُ بِتَوقِيفِِ من النبي ﷺ 
(كذا فِی بَاجُورِی)

  Dan berdasar pada riwayat dari imam Turmudi, Bahwa sahabat Abdulloh bin Mas'ud itu sholat qobliyyah jum'ah 4 rokaat ba'diyyah juga 4 rokaat. Dan apa yang dilakukan Abdulloh bin Mas'ud, pastinya karena di ajarkan oleh Rosululloh Saw. (Demikian tersebut di dalam kitab Bajuri).

قَال الشَّيخُ عَلِی مَعْصُوم رَحِمَهُ ﷲ قال الكُرْدِی عَلٰی بَابِ فَضْلٍ فِی بَابِ صَلَاۃِ الجُمْعَۃِ : وَأَقْوٰی مَا يُتَمَسَّكُ بِهِ فِی مَشْرُوعِيَّۃِ الرَّكْعَتَينِ قَبْلَ الحُمعَۃِ ما صَحَّحَهُ اِبنُ حِبَّانٍ من حَدِيثِ عَبْدِﷲ ابنِ الزُّبَيرِ مَرْفُوعًا : مَامِن صَلَاۃٍ اِلَّا وَبَينَ يَدَيهَا رَكْعَتَانِ . قاله فِی فتحِ البارِی.

  Syaikh Ali Ma'sum berkata: "Syaikh Al kurdy mengatakan dalam hal fadhilah di bab sholat jum'at: "Dasar paling kuat dalam masalah di syare'atkannya dua rokaat qobliyyah jum'ah adalah, sebagaimana hadits yang telah di shohihkan oleh Ibnu Hibban dari haditsnya Abdulloh bin Zubair, dan ini merupakan hadits marfu',

  Rosululloh Saw, bersabda: "Tidak ada sholat yang dilakukan kecuali antara adzan dan sholat ada sunnah dua rokaat". Beliau mengatakan dalam kitab "Fathul Baari"

(زِيَادَۃٌ مِنَ الفَقِيرِ ) : وَفِی فَتْحِ الوَهّابِ جُزْ اَوَّلْ ص. ٥٦ خَبَرَ الشَّيخَينِ قال ﷺ بَينَ كُلِّ اَذَانَينِ صَلَاۃٌ 

 Ziyadah dari Alfaqiir: Disebutkan dalam kitab "Fathul Wahab" juz awal hal. 56. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori Muslim.

Rosululloh Saw, bersabda: "Tiap antara adzan dan iqomat itu ada sholat sunnah (yakni sunah qobliyyah)".

ثُمَّ قَالَ الشَّيخُ وَقَالَ الكُردِی اَيضًا وَرَأَيتُ نَقْلََا عَنْ شَرْحِ المِشْكَاۃِ لِمُلَّا عَلِی القَارِیء مَا نَصُّهُ وَقَدْ جَاءَ بِسَنَدٍ جَيِّدٍ كَمَا قَالَهُ العِرَاقِیُّ اَنَّهُ ﷺ يُصَلِّی قَبْلَهَا اَرْبَعًا. اِنتهی

  Kemudian Syaikh Ali Ma'sum mengatakan: "Beliau Syaikh Al kurdy berkata: "Dan aku juga melihat apa yang nuqil dari kitab "Al misykah" karya Syaikh "Mulla'ali" yang merupakan ahli qori, yang naskah haditsnya dengan sanad yang bagus, dan riwayatnya sama dengan yang di katakan oleh Syaikh Al'iroqi, yaitu: Bahwa sesungguhnya Rosululloh Saw, sholat sunnah qobliyyah jum'ah empat rokaat.

والله أعلم بالصواب

Posting Komentar untuk "Ngaji Kitab Hujjah Ahlissunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak (Rois Am PBNU 1981/1984) - [Sesi: 07-1]"