Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngaji Kitab Hujjah Ahlissunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak (Rois Am PBNU 1981/1984) - [Sesi: 07-2]

*Ngaji Kitab Hujjah Ahlissunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak (Rois Am PBNU peeiode 1981 - 1984) - [Sesi: 07]*

بسم الله الرحمن الرحيم 
قال المؤلف رحمه الله تعالى نفع الله به وبعلومه فى الدارين امين :

وَفِی سُنَنِ التِّرْمِيذِی لِاَحْمَدْ شَاكِرْ فِی بَابِ مَا جَاءَ ما يُقْرَاُ بِهِ فِی صَلَاۃِ الصُّبْحِ يَوم الجُمعۃِ مَا نَصُّهُ :

Dan disebutkan dalam kitab "Sunanuttirmidzi" karya Syaikh Ahmad Syakir, di dalam bab (Bacaan yang di sunnahkan dibaca dalam sholat subuh pada hari jum'at) yang naskahnya sebagaimana berikut:

كَانَ اِبْنُ عُمَرَ يُطِيلُ الصَّلَاۃَ فَبْلَ الجُمعَۃِ وَيُصَلِّی بَعْدَهَا رَكْعَتَينِ فِی بيتِهِ وَيُحَدِّثُ اَنَّ رسُولﷲ ﷺ كَانَ يَفْعَلُ ذٰلِكَ

  "Ibnu 'Umar berlama-lama ketika sholat sunnah qobliyyah jum'ah, dan seusainya dia melakukan sholat sunnah ba'diyyah dirumahnya sendiri. Dan beliau juga menceritakan bahwa sesungguhnya Rosululloh Saw. juga melakukan hal yang sama seperti itu".

  قال فِی عَونِ المَعْبُودِ قال النّووی فِی الخُلَاصَۃِ صَحِيحٌ عَلٰی شَرْطِ البُخَاری

 Penyusun kitab " 'Aunul ma'buud"  mengatakan: "Imam nawawi mengatakan dalam kitab Khulashohnya bahwa hadits tersebut diatas adalah shohih, menurut penelitian imam Bukhori.

وَقَالَ العِرَاقِی فِی شَرْحِ التِّرْمِيذِی اِسْنَادُهُ صَحِيحٌ وَاَخْرَجَهُ اِبْنُ حِبَّانٍ فِی صَحِيحهِ . انتهی

 Dan Syaikh Al'iroqy mengatakan dalam kitab syarah Sunan Tirmidzi: Bahwa sanad dari hadits tersebut adalah shohih dan hadits tersebut di keluarkan (diriwayatkan) oleh Ibnu Hibban dalam keshohihannya.

عَنْ اَحْكَامِ الفُقَهاء فِی مُقَرّرَات نَهْضَۃِ العُلَمَآءِ الجز الاول

 Dinuqil dari kitab "Ahkaamil fuqohaa fii muqorrooti nahdhotil 'ulama" juz awal.

والله أعلم بالصواب

Posting Komentar untuk "Ngaji Kitab Hujjah Ahlissunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak (Rois Am PBNU 1981/1984) - [Sesi: 07-2]"