Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 03]

*Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 03]*

بسم الله الرحمن الرحيم 
قال المؤلف رحمه الله تعالى نفع الله به وبعلومه فى الدارين امين :

 MUQODDIMAH

  اِذْ لَا سَبِيلَ لِمِثْلِی القَاصِرِ فِی هٰذَاالاَمْرِ اِلَّا الجَمْعَ والنَّقْلَ مِن عِبَارَاتِ هٰوءلَاءِ الكرَامِ والْاِعْتِمَادَ عَلَيهِمْ عَلٰی اَنِّی لَمْ اَكُنْ لِاُحَدِّثَ نَفْسِی بِتَجَشُّمِ هٰذَاالعَنَاءِ، لَوْلَا اَخْرَجَهُ الخَطِيْبُ البَغْدَادِییُّ فِی الجَامِعِ وَغَيرِهِ اَنَّهُ ﷺ قال :

  Kenapa kami katakan hanya menukil /mengutip, Dikarenakan tidak ada jalan bagi kami yang pendek akal ini dalam mengatasi masalah konflik agama, kecuali hanya dengan modal menghimpun dan mengumpulkan serta mengutip dari ibarat-ibarat yang di sampaikan oleh para pakar ulama dan tokoh-tokoh terkemuka dalam agama, yang mana mereka adalah orang yang mulia di sisi Alloh.

  Dan kami juga hanya bisa bersandar pada mereka. Karena sesungguhnya kami sendiri juga juga tidak akan pernah tergugah hatinya untuk mengatasi dan mencegah konflik yang terjadi di zaman akhir ini, kalau saja Syaikh Khotib Al Baghdadi tidak meriwayatkan sebuah hadist dalam kitab Jami' dan yang lainnya, yang bunyinya sebagai berikut :

Rosululloh bersabda:

اِذَا ظَهَرَتِ الفِتَنُ اَوْ قَالَ البِدَعُ وَسُبَّ اَصْحَابِی فَلْيُظْهِرْ العَالِمُ عِلْمَهُ فَمن لَمْ يَفعَلْ ذٰلِكَ فَعَلَيهِ لَعْنَۃُﷲِ والمَلاءكَۃِ والنَّاسِ اَجْمَعِينَ لَا يَقْبَلُ ﷲُ مِنْهُ صِرْفًا وَلَا عَدلًا

  "Tatkala telah muncul adanya fitnah-fitnah dalam agama, atau muncul bid'ah-bid'ah dalam agama, dan sahabat-sahabatku telah di jelek-jelekkan, maka hendaknya para orang-orang yang alim mengeluarkan ilmunya /menfatwakan ilmunya.

  Dan barang siapa tidak mau berbuat demikian, maka dia akan di laknat oleh Alloh dan akan di laknat oleh para malaikat, serta akan di laknat oleh semua manusia. Dan Alloh tidak akan menerima amalnya baik yang fardhu maupun amalan sunahnya.

ومَا رَوَاهُ الحَاكِمُ عَنِ اِبْنِ عَبَّاسِ رَضِيَ ﷲ عَنهُمَا اَنَّ النَّبِیَّ ﷺ قَالَ :

  Dan hadits yang di riwayatkan oleh imam Hakim dari Ibnu Abbas r.a, Bahwa sesungguhnya Nabi Saw, bersabda :

مَاظَهَرَ اَهْلُ بِدْعَۃٍ اِلَّا اَظْهَرَﷲُ فِيهِمْ حُجَّتُهُ عَلٰی لِسَانِ مَن تَشَآءَ مِن خَلْقِهِ

  "Tidaklah akan muncul para ahli bid'ah, terkecuali Alloh juga akan mendatangkan hujjahnya di antara mereka, lewat lisan dari orang-orang yang di kehendakinya.
 
 وَهَا اَنَا ذَا أَذْكُرُ فِيمَا يَأْتِی اَمْثِلَۃً مِنَ النَّوعَينِ المَذْكُورَينِ وﷲُ المُستعانُ لِاِصَابَۃِ الصَّوابِ وَعَليهِ التُّكْلَانُ واليهِ المآبُ

  Dan di dalam risalah kecil ini, kami akan tuturkan beberapa contoh masalah dari dua perkara yang telah disebutkan, Dan hanya kepada Alloh tempat untuk di mintai pertolongan, Semoga kami tetap dalam jalan kebenaran. Dan hanya kepada-Nya kami bertawakkal, dan hanya kepada-Nya tempat kembali.
     
الجَامِعُ : الفَقِير كيَاهِی الحاج عَلی مَعْصُوم الجَوكْجَاوی بِجَاوۃ الوُسطٰی

  Penyusun: Alfaqir kyai haji Ali Ma'sum dari kota Jogjakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

والله أعلم بالصواب

Posting Komentar untuk "Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 03]"