Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 01]




•◈【 MOTTO 】◈•


اِتَّبِعُوا العُلَمَآءَ فَاِنَّهُمْ سُرُجُ الدُّنْيَا وَمَصَابِيحُ الآخِرَۃِ


  "Ikutilah oleh kalian para Ulama, karna sesungguhnya mereka itu menjadi penerang di dunia dan akan menjadi lentera di akherat"


•【 MUQODDIMAH 】•


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم


  "Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"


الحمدُ لِلّٰهِ الَّذِی اَنْزَلَ الكِتَابَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَيءٍ وَهُدًی وَّرَحْمَۃً لِقَومٍ يُّوءْمِنُونَ، فِيهِ بَصَاءِرُ وَنُورٌ وَشِفَآءٌ لِمَا فِی الصُّدُورِ وَلَا يَعْقِلُهُ اِلَّا الرَّاسِخُونَ،


Segala puji bagi Alloh yang telah menurunkan kitab Al-qur'an, untuk menjelaskan setiap segala sesuatu (yang hak dan yang batil). Serta merupakan petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. Dan di dalamnya berisikan ilmu pengetahuan yang menjadi penerang hati dan menjadi obat penyembuh dari berbagi penyakit yang di dalam hati. 

Dan tidaklah mampu untuk mengangan-angankan isi kandungan Al-qur'an, kecuali orang yang ilmunya telah benar-benar kokoh tertanam dalam hatinya.


فَاسْأَلُوا اَهْلَ الذِّكْرِ اِنْ كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ ۞


  "Maka bertanyalah kalian kepada ahli ilmu (tentang segala sesuatu) jika kalian tidak mengetahuinya". (An-Nahl: 43).


Alloh Swt, berfirman :


وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِمَا تَبَيَّنَ لَهُ الهُدٰی وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ المُوْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلّٰی وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وسَاءَتْ مَصِيرًا ۞

  

 "Dan barang siapa yang menentang Rosululloh, setelah jelas baginya adanya petunjuk dari Alloh, lalu dia mengikuti jalan yang bukan jalannya orang-orang mu'min, maka aku kuasakan padanya, apa yang menjadi keinginannya (aku turuti kemauannya), akan tetapi aku akan memasukkannya kedalam neraka jahannam, yang merupakan seburuk-buruknya tempat kembali". (An-Nisa: 114).


والصلاۃ والسَّلَامُ عَلٰی سَيِّدِنَا ﷴٍ المَبْعُوثِ بالحِلْمِ والرَّحْمَۃِ الوَاسِعَۃِ القاءلِ


   Dan sholawat salam semoga selalu terlimpahkan terhadap Nabi pimpinan kita Muhammad Saw.,Yang telah di utus oleh Alloh dengan segala kearifan dan segala kebijakan beliau, dan beliau adalah merupakan rahmat yang begitu luas merata (ke seluruh alam). yang mana beliau telah bersabda:


مَهْمَا اُوتِيتُمْ مِن كِتَابِﷲِ فَالعَمَلُ بِهِ وَاجِبٌ لَا عُذْرَ لِاَحَدٍ فِی تَرْكِهِ. فَاِنْ لَمْ يَكُنْ فِی كِتَابِ ﷲِ فَسُنَّۃُ لِّی مَاضِيَّۃٌ فَاِنْ لَمْ يَكُنْ فِی سُنَّۃٍ لِی فَمَا قَالَ اصْحَابِی لِاَنَّ اَصْحَابِی كَالنُّجُومِ فِی السمآءِ فَاَيّمَا اَخَذْتُمْ بِهِ فقَدِاهْتَدَيتُمْ واخْتِلَافُ اَصْحَابِی لَكُمْ رَحْمَۃٌ.


  "Apabila kalian telah mengetahui dan telah diberi penjelasan (tentang hukum) yang di ambil dari kitab Al-qur'an, maka mengamalkan hukum tersebut itu wajib, tak ada alasan bagi seorangpun untuk tidak mengamalkannya.

  Dan apabila tidak kamu temukan (tentang sebuah penjelasan hukum) di dalam kitab Al-qur'an, maka carilah dan ambillah apa yang ada didalam sunnahku (hadist) yang telah lalu (yang telah ku jelaskan sebelumnya).

  Dan apabila tidak pula kamu temukan penjelasan di dalam sunnahku (hadistku), maka ambillah dari apa yang telah di beritahu dan dikatakan oleh para sahabatku. Karena mereka itu ibarat bintang-bintang dilangit, Maka apabila kalian perpegang pada tuntunan para sahabatku, niscaya kalian benar-benar telah mendapat petunjuk kebenaran.

  Dan adanya perbedaan pendapat di antara para sahabat, itu adalah merupakan suatu rahmat bagi kalian semua ummat."

(Logisnya, qaul-qaul para sahabat itu ada yang berat, ada pula yang ringan untuk di amalkan, dan semua adalah benar, jadi kita bebas memilih mana yang sesuai dengan kemampuan kita masing-masing dalam hablumminalloh dan hablumminannaas.

Inilah bentuk dari rahmat dalam perbedaan pendapat).

 وﷲاعلم

Posting Komentar untuk "Ngaji Kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah Karya Kh. Ali Ma'shum Krapyak [Sesi: 01]"